Sabtu, 16 Maret 2019

Hobi Memanah

Bermain Memanah

(Sumber : Arsip UG Archery)

Jika mendengar kata "Memanah", apa yang ada difikiran kalian? membosankan? olahraga orang tua? atau.... enggak menguras keringat?. Ahahaha, itu yang ada difikiran saya sebelum mengenal dunia panahan. Tapi jangan salah sob, disamping olahraga yang terlihat sederhana, tetapi banyak segudang manfaat yang belum tentu kalian dapatkan diolahraga lainnya loh.

Saya mulai mencintai dunia panahan disaat teman saya mengajak mencoba untuk sekedar bermain panahan dengan niat mengerjakan sunnah. Hmm, disaat saya mendengar kata "Panahan", disaat itu juga saya berfikir "Mungkin membosankan", hahaha.  Tetapi semua anggapan saya ternyata salah besar. Bermain panahan itu ternyata asikk dan mempunyai segudang manfaat, ditambah lagi ternyata permainan ini cukup menguras keringat. Disitulah cinta pada pandangan pertama saya muncul :D.
Setelah saya mencoba panahan untuk pertama kalinya, muncul angan - angan "Harus bisa". Beberapa kali saya mencari tempat berlatih hanya untuk sekedar bisa bermain panahan, ternyata cukup sulit mencari tempat berlatihan panahan di Depok.

(Sumber : Arsip UG Archery)

Cukup lelah mencari tempat berlatih, ternyata UG Memanah atau bahasa gaulnya UG Archery sedang membuka penerimaan anggota baru untuk mahasiswa Gunadarma. Disitulah saya menemukan cinta yang hilang, apasihhh :D .. Excited rasanya bisa berlatih memanah lagi, apalagi berlatih di Kampus tercinta Gunadarma. Pertama kalinya saya berlatih di UG Archery, ternyata hampir semua anak panah yang saya lesatkan tidak kena target satupun (Miss). Aneh rasanya kenapa bisa begitu, hari demi hari saya lalui tetap saja anak panah masih miss dari target sasaran, jangankan kuning, kena target aja udah sukur :D. Sepertinya saya tidak bisa hanya belajar di UG Archery, saat itulah saya menemukan salah satu website yang cukup bermanfaat bagi saya yaitu papatembak.com. Ya website papatembak, website yang berisi beraneka ragam teori dan teknik memanah yang benar (Bukan iklan ya sob).

 
(Sumber : papatembak.com)
 
Cukup lama saya membaca tentang bagaimana cara menembak yang benar di website papatembak.com, dari mulai cara memilih bow dan arrow yang benar,spesifikasi bow, sikap disiplin (adab - adab), hingga arrow paradox. Akhirnya saya sudah mulai menemukan filing terhadap busur yang saya pakai. Minggu demi minggu saya rutin berlatih, banyak hal yang saya tanyakan ke UG Archery seputar dunia panahan. Semakin saya berlatih, semakin saya menemukan kecocokan dengan olahraga yang satu ini. 
Sampailah saya pada saat skoring, ini sig deg deg kan bagi saya yang pertama kalinya mencoba panahan. Maupun teknik masih belum benar, alhamdulilah skoring menembus angka 259 maupun masih jauh dari target coach iqbal yaitu 280.

(Sumber : Arsip UG Archery)

Begitu asiknya memanah untuk melatih ketenangan dan konsentrasi, kesabaran juga sangat dituntut dalam olahraga ini. Berbagai umur bisa memainkan olahraga ini, berbedaa dengan olahraga lainnya yang rata rata hanya bisa dimainkan oleh atlit profesional hanya sampai umur 35 th.

Hmm, sebenarnya ini tugas penulisan tentang hobi yang diminati, tetapi entah kenapa saya malah terbawa suasana saat menulis ini :D. Masih banyak sebenarnya cerita dan keasikan memanah yang belum saya sempat jelaskan karena begitu luasnya dunia panahan. Tetapi yang jelas jangan pernah mencoba untuk memulai, apalagi berolahraga panahan.



 (Sumber : Arsip UG Archery)

0 komentar:

Posting Komentar