Kamis, 05 Desember 2019

vcls2_posttest_54417676_3IA09

Tahapan Normalisasi

Berikut ini adalah tahapan normalisasi.Penjelasan lebih rinci akan diberikan pada modul 12. Bentuk normal kedua (2NF)adalah lebih baik dari bentuk normal kesatu (1NF); bentuk normal ketiga  (3NF)adalah  lebih  baik  dari Bentuk  normal  kedua 2NF.  Untuk  kepentingan  rancangan database  bisnis, bentuk  normal  ketiga  (3NF)adalah  bentuk  terbaik  dalam  proses normalisasi (sudah  mencukupi).  Normalisasi  dengan  level  paling  tinggi tidak selalu diharapkan.  Jadi normalisasi  dilakukan,  sepanjang  dirasa sudah  cukup normal (denganmengikuti  prasyarat normalisasi diatas).

Bentuk Normal Kesatu (1NF)
Suatu relasi dikatakan sudah memenuhi bentuk normalkesatu bila setiap data bersifat atomik yaitu setiap irisan baris dan kolom hanya mempunyai satu nilai data Tujuan 1NF adalah: Membuang adanya pengulangan (Redudansi) data, Menghindari adanya pencatatan Null Value, dan Menjaga setiap entry data dari relasi (perpotongan bariskolom) memiliki maksimal satu nilai tunggal.

Bentuk Normal Kedua (2NF)
Suatu  relasi  dikatakan  sudah  memenuhi bentuk normalkedua  bila  relasi  tersebut  sudah memenuhi bentuk normalkesatu, dan atribut yang bukan key sudah tergantung penuhterhadap keynya.

Bentuk Normal Ketiga (3NF)Suatu  relasi  dikatakan  sudah  memenuhi bentuk normal  ketigabila  relasi  tersebut  sudah memenuhi bentuk normal keduadan atribut yang bukan key tidak tergantung transitif terhadapkeynya.

Boyce Codd Normal Form (BCNF)Suatu relasi R dikatakan dalam bentuk BCNFjika dan hanya jikasetiap atribut kunci (Key) pada suatu relasi adalah kunci kandidat(candidate key).

0 komentar:

Posting Komentar