Jumat, 24 November 2017

Makalah Tentang Analisis Masalah Airbag Setya Novanto Yang Tidak Mengembang


#Tentang Permasalahan :

Bermula dari dugaan skandal korupsi e-ktp, Setya Novanto menabrak tiang dengan menggunakan "Toyota Fortuner", Kejadian pukul 18.35, (situasi) gerimis. Jalanan sepi karena ini jalan ditutup. Mobilnya melaju kencang, lalu oleng ke kanan dan menabrak tiang ,"  Kamis.

Kecelakaan tersebut tepat berada di depan rumah Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh yang menyebabkan Setnov harus mangkir dari panggilan pengadilan.

Sebelumnya, Fredrich Yunadi, pengacara Ketua DPR Setya Novanto, mengatakan, kliennya mengalami kecelakaan yang sangat parah.

"Beliau mengalami kecelakaan yang sangat parah," ucap Fredrich di Rumah Sakit Permata Hijau, Jakarta Selatan, Kamis malam ( Sumber : Kompas.com ).

Hal ini menyebabkan Setya Novanto mengalami benjol dikepala dan harus dilarikan ke rumah sakit akibat tidak mengembangnya airbag pada toyota fortuner yang ditumpanginya.


#Analisis Permasalahan :

Berkat tidak mengembangnya airbag mengakibatkan Setnov mengalami luka yang cukup parah, masih belum diketahui pasti kenapa airbag tersebut tidak mengembang. Memang beberapa mobil saat ini dibutuhkan kecepatan minimum untuk mengembangkan airbag, ada yang kecepatan minimum 30 km/jam sesuai buku manual. Melihat kasus kecelakaan Setnov seharusnya airbag tersebut dapat mengembang. Lalu apa yang menyebabkan airbag pada Toyota Fortuner yang ditumpangi Setnov tidak mengembang ?. 

Ada beberapa kemungkinan yaitu :
  • Jenis benda yang ditabrak. Semakin kokoh benda yang ditabrak, maka semakin lambat agar airbag tersebut dapat berkembang.
  • Arah tabrakan. Apabila kondisi tabrakan semakin miring, maka kecepatan yang dibutuhkan untuk mengembangkan airbag harus semakin tinggi.
  • Sensor. Terdapat 2 sensor airbag, yang pertama terdapat disekitar Headlemp dan yang kedua berada di tengah dalam kabin.  Sensor tersebut mendeteksi arah tabrakan

#Menferifikasi Masalah :

Menurut analisis saya, kecepatan mobil tersebut sudah tidak memenuhi syarat karena sebelum menabrak tiang, si pengemudi sudah menabrak trotoar yang menyebabkan kecepatan kendaraan berkurang.

Dan lansir toyota, salah satu penyebab airbag tidak mengembang yaitu menabrak tiang karena benda yang ditabrak adalah benda kecil. Salah satu faktor lainnya yaitu tidak menggunakan sealbeat, tanpa menggunakan sealbeat, airbag juga tidak akan mengembang.

Untuk mengembangkan airbag dibutuhkan objek tabrak yang lebih besar seperti menabrak bangunan, menabrak kendaraan di depannya, dll.  Dan fungsi airbag sendiri adalah tambahan sedangkan pengaman yang utama adalah sealbeat.


#Kesimpulan :

Memang menurut data yang saya kumpulkan dan analisis belum tentu bisa dijadikan patokan apakah airbag dapat mengembang atau tidak. Tetapi ada beberapa kasus saat mobil hanya ditendang, airbag langsung mengembang begitu saja. Saya pun belum mendapatkan data yang akurat dari toyota resmi kenapa airbag tersebut tidak dapat mengembang.

Terimakasih

0 komentar:

Posting Komentar